Blog Bikin Happy. Blog Itu Stress Reliever. Blog Adalah Obat!

Tema pertama dalam #BPN30DayChallenge2018 ini cukup greget. “Kenapa menulis blog?” model pertanyaan yang biasanya diiringi dengan “emang masih jaman ya nge-blog?” atau “sekarang kan trend nya nge-vlog!”. Wahai netizen yang  budiman, hobi itu nggak kenal kata trend. Hobi itu punya tempat spesial di masing-masing orang yang menjalaninya.

Jadi..kenapa gue nulis blog? Alasan yang paling utama adalah gue suka cerita dan share pikiran tapi nggak terlalu suka ngobrol langsung. *introvert alert*. Gue suka cari tahu tentang banyak hal, mikir kenapa hal ini dan itu bisa terjadi, suka mengabadikan banyak hal untuk dibagikan. Tapi kalau sebagian orang memilih cara ngobrol untuk membahas, gue lebih nyaman dengan menuangkannya ke dalam tulisan.

Gue juga nggak tahu sih kenapa. Menurut gue, sebuah kata-kata itu terlihat lebih seksi dan bernilai.

Gue pertama kali nge-blog di tahun 2013, platform awalnya macem-macem, awalnya di blogspot, tumblr, lalu wordpress. Nah blog pertama di wordpress sempat ngalamin suatu masalah sampai semua data tulisannya hilang, lenyap, gak bersisa. Ditambah gue baru ngurusin lagi itu blog di awal 2018.

Apakah hal itu bikin gue males dan berenti nge-blog? Ohh tidak sama sekali! Gue masih berniat untuk konsisten walaupun susah nge-blog di blog baru gue yang baru sedikit ini isinya :p.

Selain itu, apalagi sih yang bikin gue suka nge-blog?

Aktivitas blogging itu bisa bikin pikiran tenang dan tiba-tiba jadi bahagia aja gitu. Gue yakin gue bukan satu-satunya yang ngerasa seperti ini. Beberapa temen gue yang hobi nulis juga ngerasa hal yang sama setelah mereka selesai publish tulisan. “gilaaa otak berasa fressshh!!” “yeaay gue selesai nulis jadi seneng gini deh” “nulis tuh mood booster banget”. Yes itu ekspresi kebahagiaan yang nulisnya dari hati dan tanpa tekanan dari manapun.

Gimana nggak seneng? Beberapa pikiran yang tertanam di otak udah kesalurkan ke tulisan pasti bikin sedikit lega dong?

Blogging itu bisa ngelatih sense kreativitas. Ini poin kedua kenapa gue hobi nge-blog. Hei kamu kira blogging tuh cuma sekedar nulis doang? Atau kamu pikir nulis itu gampang? Kamu salah ferguso!! Dibutuhkan kepekaan dan ketelitian untuk buat suatu kalimat yang enak dibaca. Terus kan unsur blog gak cuma content tulisan, ada image dan layout blog. Semuanya harus selaras, sesuai, dan sepaham supaya bisa menghasilkan satu postingan yang oke.

Dari nge-blog bisa nambah wawasan dan temen baru. Setuju banget kan? Lewat blog walking, gue jadi tahu bahwa ada banyaaak banget manusia yang punya beragam pikiran dan wawasan yang berbeda. Hal yang mereka share berguna untuk nambahin pengetahuan gue supaya melek informasi.

Blog bisa diduitin beb! Yesss blog bisa jadi sumber pundi-pundi uang kalau berniat di-monetize dengan baik. Caranya bisa macem-macem, content placement, endorsement, sampai hadiah menang lomba. Tapi menurut gue sih, point ini jangan dijadiin tujuan utama karena kalo lama nggak kesampean, bisa bikin stress dan kehilangan esensi nulisnya.

Nulis aja dulu dari hati dan konsisten bikin konten, itu resep utama jadi seorang blogger!

Seorang penikmat dan pemberi kata. Bekerja di ranah content dan social media. Suka nulis untuk menuangkan pikiran yang hobi menggeliat di otak.
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *