Pengalaman ke Airport Naik Kereta Bandara. 100% Super Nyaman!

Sebagai orang yang doyan jalan-jalan ((ahzek)), perjalanan ke airport bukan jadi hal yang asing lagi. Yah walaupun frekuensinya nggak begitu sering sih, bukan yang tiap bulan juga visit airport buat jalan-jalan hehehe. Tinggal di Pamulang yang serba jauh dari mana-mana ((ke Jakarta jauh begitupun ke Tangerang Kota)) bikin gue selalu bikin strategi setiap mau ke airport. Kalau gak diperhitungkan bisa-bisa ketinggalan pesawat beb! Jadi enaknya ke airport naik apa nih?

Karena gue gak bisa bawa mobil sendiri, gak punya sopir, dan gak punya pacar yang bisa anterin kemana-mana, itu berarti kemana-mana harus berdiri di kaki sendiri 💪 . Opsi pertama yang paling gampang adalah naik Grab Car, yang kedua adalah naik Damri dari Blok M, dan yang terakhir plus bikin ketagihan adalah naik kereta bandara!!

Sebenernya perjalanan naik kereta bandara ini lebih muter-muter dan buang waktu sih. Tapi karena fasilitas kereta bandara bikin nyaman, ya gue bela-belain deh. Emang ya rasa nyaman tuh kadang menyusahkan ya 😊 .

Nih gue bakal ceritain kenapa bisa jatuh cinta naik kereta bandara!

Gimana Cara Beli Tiket Kereta Api Bandara?

Sebelum kamu memutuskan untuk naik kereta api bandara, perhitungkan waktunya baik-baik ya! Biasanya gue berani naik kereta api bandara kalau flight malam, jadi gue punya spare waktu yang sangat banyak, mengingat rumah gue jauh banget di Pamulang. Tapi gue pernah sih flight jam 11 siang dan itu gue jalan dari rumah jam 6 pagi! hahaha. Dengan estimasi sebagai berikut:

  • 06.00-06.30: Rumah-Stasiun Sudimara
  • 06.30-07.30: Stasiun Sudimara-Stasiun Sudirman
  • 07.51: Berangkat dari Stasiun BNI City
  • 08.37: Sampai di Bandara

Iyaaa gaes cuma sekitar 30 menit!! Makanya beruntung banget orang-orang yang tinggalnya di sekitaran Stasiun BNI City karena hemat waktu. Macem gue yang di pelosok sih effort ya 😊.

Cara beli tiketnya gampang banget! Cukup visit https://www.railink.co.id/ atau download aplikasi Railink di App Store/Google Play. Lalu pilih tanggal dan jam keberangkatan, bayar, selesai deh. Pilihan channel pembayarannya juga beragam, bisa lewat mbanking, credit card, maupun transfer ATM. Setelah itu tunggu pembayaran kamu dikonfirmasi dan kamu bakal dapet e-ticket dengan kode konfirmasi di e-mail. Simpen baik-baik ya kode konfirmasinya karena berguna untuk nukerin ke tiket fisik.

Tampilan tiket fisik kereta bandara setelah ditukarkan

Kamu bisa naik kereta bandara ini lewat 2 stasiun ya, Stasiun BNI City (sebelahan sama Stasiun Sudirman) dan Stasiun Batu Ceper. Berhubung gue belom pernah naik dari Batu Ceper jadi gue cuma ceritain versi BNI City aja 😉

Stasiun BNI City, Mewah, Bersih, dan Nyaman. Tapi Kok Sepi Banget?

Mesin penukaran ke tiket fisik. Di sini bisa beli tiket KA bandara juga lho!

Kesan pertama gue dengan Stasiun BNI City ini adalah: KOK SEPI AMAT YAAA?? Atau mungkin memang gue ke sana pas bukan prime time tapi masa sesepi itu sih? Bangunan stasiun ini mewah banget dengan interior serba kaca. Kamu bisa ngeliat view Jakarta sembari nunggu kereta datang.

Suka deh kalau bersih begini!
Sepi banget kan? Haha foto ini diambil sekitar jam 7.30 pagi

Ohiya, kamu nggak usah takut kelaperan atau susah beli makan ya. Di Stasiun BNI City udah tersedia berbagai tenant makanan dan minuman seperti KFC, Carls Junior, dan masih banyak lagi.

Setelah gue perhatikan,  stasiun ini sepertinya mengusung konsep go green deh. Soalnya banyak tumbuhan di sudut ruangan bahkan bilik toiletnya aja berwarna hijau dan nggak luput dari hiasan daun-daunan.

Lucu banget dihiasi daun-daunan :))

Fasilitas yang ada di Stasiun BNI City gak bikin bosen, selain dipenuhi warna hijau yang bikin mata segar, ruang tunggunya pun didesain secara eksklusif dan full colokan listrik! Pas banget buat kamu yang takut ketinggalan flight dan emang sengaja nunggu di Stasiun BNI City dengan durasi yang lama.

bayangin deh kalau lagi golden hour pasti bagus!
VIP lounge

Jangan takut nyasar dan hilang arah ya karena papan informasinya cukup jelas dan petugasnya juga sangat membantu kalau kamu bingung. Di stasiun ini juga ada minimarket dan mushola, jadi kamu bisa jajan-jajan snack dan sholat. Daaan Stasiun BNI City ini full eskalator jadi gak perlu capek-capek naik tangga. Disediakan juga ruang menyusui supaya para busui lebih nyaman melakukan aktivitasnya.

sisi yang lain

Kayak Apa Sih Kereta Bandaranya?

Oke setelah puas liat-liat bangunan di dalem stasiunnya, yuk sekarang liat penampilan kereta bandaranya!

Nah ini peron untuk nunggu keretanya dateng. Mirip kan sama struktur semua peron stasiun KRL di Jakarta? Untuk menuju peron ini kamu harus turun eskalator, menuju gate, lalu tap tiket, turun eskalator sekali lagi, baru deeh sampai ke peron.

Bagian dalam kereta api

Liat kan sepiii bangettt? Satu gerbong itu paling isinya cuma 5 orang. Gue gak tau deh kenapa dengan fasilitas yang seoke ini, peminatnya masih sepi ya. Mungkin belum mau coba atau gak mau ribet transaksi online beli tiketnya ya :p Saking sepinya, bisa kali nih photoshoot di gerbong. Tone warnanya udah monochrome ala-ala yekan haha.


Jarak antar kursi di dalam keretanya luaasss… Buat yang punya kaki jenjang pasti happy karena nggak perlu pegel ngelipet kaki. Di setiap gerbong ada dua kursi yang bisa diputer supaya duduknya jadi berhadapan, pas banget buat yang perginya ber-empat dan nggak mau duduk terpisah.

ada colokan jugaaak!

Begitu udah sampe di airport, kamu akan diarahkan ke terminal Sky Train, nah dari situ tinggal pilih sesuai terminal keberangkatan kamu deh. Sangat praktis apalagi kalo kamu tinggalnya di Jakarta, yang jauh-jauh dari tangsel kayak gue aja bela-belain ke Stasiun BNI City :))

Siapa yang udah pernah ngerasain enaknya naik kereta bandara? 😊

Seorang penikmat dan pemberi kata. Bekerja di ranah content dan social media. Suka nulis untuk menuangkan pikiran yang hobi menggeliat di otak.
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *