Review Kpop IU-Palette

Hampir semua orang mengalami masa quarter life crisis, yaitu saat dimana lo udah beranjak sedikit dari usia 20 tahun tapi masih nggak tau tujuan hidup. Belum cukup dengan pikiran sendiri tentang masa depan, lo harus belajar menyiapkan diri dalam menerima komentar dari berbagai pihak. Dulu waktu masih kecil, porsi omongan negatif dari orang-orang di sekeliling nggak terlalu banyak. Nah saat lo udah dewasa, hal-hal kecil dari yang nggak penting, penting aja, sampe penting banget, pasti akan dikomentari. Proses drama kedewasaan ini tergambarkan dengan sangat manis di lagu IU terbaru yang berjudul Palette.

Satu pendapat yang langsung popped out pas gue nonton MV ini adalah “gila MV nya manis banget!”. Gimana nggak? MV Palette didominasi dengan warna ungu dan pink pastel yang cewek banget dan sangat masuk ke karakter IU.  Kalau liat lirik lagu dibawah sih, sepertinya tone warnanya memang sengaja disesuaikan 😀

Rather than hot pink
I like a deep purple
I also like pajamas with buttons and lipstick

 

Di lagu Palette, seakan ada flashback dari masa-masa IU yang dulu sampai ia sekarang sudah mencapai usia 25. Hal tersebut tergambar jelas di lirik berikut:

Rather than long hair
I definitely like short bair
But still
I was pretty when I sang Good Day

Huhu sumpah gue suka banget sama part ini! Disini IU menggambarkan kalau di usia 25, ia lebih memilih potongan rambut pendek, tapi dia tetap kelihatan cantik saat rambut panjang seperti di MV Good Day. Divisualisasikannya dengan layar karaoke pula, gemas!

Seperti yang gue mention sebelumnya, lagu ini isinya tentang proses kedewasaan. Entah kebetulan atau memang konsepnya sengaja, menurut gue lagu Palette seperti ada keterkaitan dengan skandal foto IU dengan Eunhyuk dulu.

Dimana semua netizen menghakimi dia sebagai cewek sok polos.
Dimana IU dihujat kalau muka polosnya cuma topeng.
Dimana IU dianggap udah mencoreng karakter dia yang lekat dengan image national little sister.

Namun masa-masa itu udah lewat, dan di usia 25, IU sudah cukup dewasa untuk melewati semuanya.

I like it. I’m twenty five
I know you like me
I got this. I’m truly fine
I think I know a little bit about myself now

I like it. I’m twenty five
I know you hate me
I got this. I’m truly fine
I think I know a little bit about myself now

Di screen capt yang IU pake baju putih, dia nge-dance sedikit hyper dan masang ekspresi muka dewasa yang sedikit menantang. Part ini nih yang bikin gue semakin yakin ada hubungannya sama suara hati dia tentang skandal di jaman dulu :))

Lagu Palette semakin lengkap dengan G-Dragon yang mengisi bagian rap. Men, G-DRAGON! Image GD yang cuek dan nggak peduli sama apa kata orang tambah memperkuat makna Palette! Lirik rap nya GD seperti ini nih:

Things are hard because you’re young
Everything hurts because of the nagging
You’re a child who always got scolded
You just got past your early 20s
The joy didn’t last long
They say it hurts because it’s youth

Jieun, let me tell you, I just turned 30
I’m not ready but i’ve become a grown up
I still have a lot to learn
I’m only 5 years older than you are
Above 20, under 30, around there, righ there
You’re not a grown up, nor a child
You’re just you
That’s when you shine the most
Even when darkness falls around you
Don’t get scared

You are so beautiful
You are fully bloomed
You will always be loved

Cerdas banget sih IU ngajak GD buat kolaborasi. Gue langsung ngebayangin IU curhat dan minta nasihat sama GD, then GD nenangin IU dengan kalimat yang masuk ke bagian rap HAHA. Ini seorang G-Dragon lho, ibaratnya senioritas, doi tuh kakak kelas yang disegani dan gak ada yang berani macem-macem :))

Satu hal lagi yang bikin gue betah nonton Palette, kalau mau pake istilah anak-anak IG tuh, aestethic banget <3 Ada emoticon chat, screen capture Instagram, konsep grid image, sampe konsep wording (n), lengkap!

Konsep grid image
Konsep wording (n)
Instagram
Instagram tag
Emoticon chat

Jadi..buat lo-lo semua yang mau mencapai atau bahkan udah lewat dari usia 25 trus merasa life is bitching at you, dengerin Palette aja. Emang sih lagu ini nggak akan menyelesaikan semua drama kehidupan, tapi senggaknya bisa bikin tenang, senyum-senyum sendiri, sambil bersenandung “I like it. I’m twenty five.. I got this. I’m truly fine..” <3

Tulisan ini menarik untuk dishare!

2 comments / Add your comment below

Leave a Reply